Indriya59’s Blog


RPP KIMIA
Desember 19, 2008, 4:22 am
Filed under: Uncategorized

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah : SMK Marsudi Luhur II Yogyakarta

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semster : III / 5

Standar Kompetensi: Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya

Kompetensi dasar : 1. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon.

2. Menggolongkan senyawa hidrokarbon dan turunannya

3. Mendeskripsikan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia

Indikator : 1.Kekhasan atom karbon dijelaskan dalam bentuk senyawa karbon

2.Atom C primer,sekunder,tertier dan kwartener dibedakan berdasarkan jumlah atom yang diikat.

3.Senyawa hidrokarbon dikelompokkan berdasarkan kejenuhan ikatannya

4.Turunan hidrokarbon dijelaskan berdasarkan ketentuan

5.Penggunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia dalam hal pembentukan minyak bumi dijelaskan sesuai prosesnya

6.Komponen komponen utama minyak bumi dijelaskan sesuai zat penyusunnya

7.Menjelaskan teknik pemisahan minyak bumi

8.Kualitas bensin dibedakan berdasarkan bilangan oktan

Alokasi waktu : 9 X 2 X 45 menit

A . Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat menjelaskan kekhasan atom karbon dalam bentuk senyawa karbon

2.Siswa dapat membedakan atom C primer,sekunder,tertier dan kwartener berdasarkan jumlah atom yang diikat.

3.Siswa dapat mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatannya

4.Siswa dapat menjelaskan turunan hidrokarbon berdasarkan ketentuan

5.Siswa dapat menjelaskan penggunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia dalam hal pembentukan minyak bumi sesuai prosesnya

6.Siswa dapat menjelaskan komponen komponen utama minyak bumi sesuai zat

penyusunnya

7.Siswa dapat menjelaskan teknik pemisahan minyak bumi

8.Siswa dapat membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktan

B. Materi Pembelajaran :

-Kekhasan atom C

-Jenis atom C

-Senyawa hidrokarbon

-Pengelompokkan senyawa hidrokarbon

-Isomer

-tatanama senyawa hidrokarbon

-Turunan senyawa hidrokarbon

-Proses pembentukan minyak bumi

-Komponen minyak bumi

-Teknik pemisahan minyak bumi

-Kualitas bensin

C. Metode Pembelajaran :

– Diskusi informasi

– Pemberian tugas

-diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1.

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Inti :

Informasi kekhasan atom karbon dengan menggunakan nomor atom karbon dan konfiguarasi elektronnya, dan berdasarkan ikatan kovalen.

Diskusi tentang perbedaan atom C primer, sekunder, tersier dan kwartener

Penutup :

– Menyimpulkan kekhasan atom C

– Memberi tugas latihan soal tentang atom C primer, sekunder, tersier dan kwartener.

2. Pertemuan 2

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Koreksi tugas siswa minggu yang lalu

Inti :

Menjelaskan cara menuliskan struktur senyawa hidrokarbon berdasarkan ikatan kovalen

Penjelasan senyawa Alkana , Alkena , Alkuna

Penutup :

Bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rumus umum Alkana, Alkena, Alkuna

Memberi tugas menuliskan struktur senyawa hidro karbon .

Pertemuan 3

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Koreksi tugas siswa minggu yang lalu

Inti :

Penjelasan tata nama senyawa hidro karbon

Diskusi tentang isomer , cara penulisan

Penutup :

Memberi tugas isomer

Pertemuan 4

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Koreksi tugas siswa minggu yang lalu.

Inti :

Latihan soal untuk isomer cara menuliskan isomer, cara memberi nama isomer untuk senyawa Alkana, Alkena, Alkuna

Penutup :

Semua buku siswa dikumpulkan

Pertemuan 5

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Membagikan buku siswa.

Inti

membahas hasil kerja siswa dari buku yang dikumpulkan , mengulang dan menjelaskan kembali soal soal yang belu jelas.

Latihan soal tata nama alkana, alkena, alkuna

Penutup :

Memberi tugas tata nama senyawa hidro karbon

Pertemuan 6 .

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Mengoreksi tugas siswa .

Inti :

Penjelasan proses pembentukan minyak bumi

Penjelasan komponen utama minyakbumi

Penjelasan teknik pemisahan minyak bumi

Penutup :

Memberi tugas supaya siswa membuat gambar bagan penyulingan minyak bumi

Pertemuan 7

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Mengoreksi tugas siswa .

Inti :

Penjelasan kualitas bensin

Penjelasan arti bilangan oktan dan cara perhitungan bilangan oktan

Latihan soal cara menentukan kualitas bensin

Penutup :

Memberi tugas supaya siswa membedakan bensin premium, pertamax , bensin super

Pertemuan 8

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Mengoreksi tugas siswa .

Inti :

Latihan soal : Alkana, alkena,alkuna, isomes, tatanama, minyak bumi.

Siswa mengerjakan di buku secara berkelompok 4 siswa untuk selanjutnya jawaban dikerjakan di papan tulis dan dibahas bersama

Penutup :

Mengumumkan kepada siswa minggu depan ulangan senyawa hidro karbon

Pertemuan 9

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap ulangan

Mengabsen siswa.

Inti

Ulangan harian senyawa hidro karbon

Penutup

hasil pekerjaan siswa dikumpulkan

F . Penilaian :

Soal Ulangan harian :

1. Dari rumus struktur berikut ini tentukan atom C primer, sekunder, tersier dan kwartener

C9 C10

1 2 3 ‪│4 5 6 │7 8

C – C – C – C – C – C – C – C

‪│ ‪│ ‪│

C C C

11 12 13

2. Tuliskan rumus Umum dari : Alkana , Alkena , Alkuna

3. Tuliskan isomer dari : a. heksana b. heksena c. heksuna

4. Tuliskan rumus struktur dari :

a. 2.2 di metil heptana

b. 2 metil 1 pentena

c. 3 metil 1 heksuna

5. Berilah nama dari rumus berikut ini :

a. CH2 – CH(CH3) – C(CH3)2 – CH2 – CH3

b. CH2 ═ CH – CH(CH3) – CH3

c. CH3 – C Ξ C – CH – CH3

‪│

CH3

6. Sebutkan fraksi fraksi dari minyak bumi.

7. Berdasarkan apakah pemisahan fraksi minyak bumi

8. Bagaimana cara menentukan kualitas bensin

9. Jelaskan artinya bensin mempunyai bilangan oktan 85

10.Apakah perbedaan bensin premium dan pertamax ditinjau dari bilangan oktan.

Mata Pelajaran : Kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah : SMK Marsudi Luhur II Yogyakarta

Kelas / Semster : III / 5

Standar Kompetensi: Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya

Kompetensi dasar : 1. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon.

2. Menggolongkan senyawa hidrokarbon dan turunannya

3. Mendeskripsikan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia

Indikator : 1.Kekhasan atom karbon dijelaskan dalam bentuk senyawa karbon

2.Atom C primer,sekunder,tertier dan kwartener dibedakan berdasarkan jumlah atom yang diikat.

3.Senyawa hidrokarbon dikelompokkan berdasarkan kejenuhan ikatannya

4.Turunan hidrokarbon dijelaskan berdasarkan ketentuan

5.Penggunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia dalam hal pembentukan minyak bumi dijelaskan sesuai prosesnya

6.Komponen komponen utama minyak bumi dijelaskan sesuai zat penyusunnya

7.Menjelaskan teknik pemisahan minyak bumi

8.Kualitas bensin dibedakan berdasarkan bilangan oktan

Alokasi waktu : 9 X 2 X 45 menit

A . Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat menjelaskan kekhasan atom karbon dalam bentuk senyawa karbon

2.Siswa dapat membedakan atom C primer,sekunder,tertier dan kwartener berdasarkan jumlah atom yang diikat.

3.Siswa dapat mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatannya

4.Siswa dapat menjelaskan turunan hidrokarbon berdasarkan ketentuan

5.Siswa dapat menjelaskan penggunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia dalam hal pembentukan minyak bumi sesuai prosesnya

6.Siswa dapat menjelaskan komponen komponen utama minyak bumi sesuai zat

penyusunnya

7.Siswa dapat menjelaskan teknik pemisahan minyak bumi

8.Siswa dapat membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktan

B. Materi Pembelajaran :

-Kekhasan atom C

-Jenis atom C

-Senyawa hidrokarbon

-Pengelompokkan senyawa hidrokarbon

-Isomer

-tatanama senyawa hidrokarbon

-Turunan senyawa hidrokarbon

-Proses pembentukan minyak bumi

-Komponen minyak bumi

-Teknik pemisahan minyak bumi

-Kualitas bensin

C. Metode Pembelajaran :

– Diskusi informasi

– Pemberian tugas

-diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1.

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Inti :

Informasi kekhasan atom karbon dengan menggunakan nomor atom karbon dan konfiguarasi elektronnya, dan berdasarkan ikatan kovalen.

Diskusi tentang perbedaan atom C primer, sekunder, tersier dan kwartener

Penutup :

– Menyimpulkan kekhasan atom C

– Memberi tugas latihan soal tentang atom C primer, sekunder, tersier dan kwartener.

2. Pertemuan 2

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Koreksi tugas siswa minggu yang lalu

Inti :

Menjelaskan cara menuliskan struktur senyawa hidrokarbon berdasarkan ikatan kovalen

Penjelasan senyawa Alkana , Alkena , Alkuna

Penutup :

Bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rumus umum Alkana, Alkena, Alkuna

Memberi tugas menuliskan struktur senyawa hidro karbon .

Pertemuan 3

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Koreksi tugas siswa minggu yang lalu

Inti :

Penjelasan tata nama senyawa hidro karbon

Diskusi tentang isomer , cara penulisan

Penutup :

Memberi tugas isomer

Pertemuan 4

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Koreksi tugas siswa minggu yang lalu.

Inti :

Latihan soal untuk isomer cara menuliskan isomer, cara memberi nama isomer untuk senyawa Alkana, Alkena, Alkuna

Penutup :

Semua buku siswa dikumpulkan

Pertemuan 5

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Membagikan buku siswa.

Inti

membahas hasil kerja siswa dari buku yang dikumpulkan , mengulang dan menjelaskan kembali soal soal yang belu jelas.

Latihan soal tata nama alkana, alkena, alkuna

Penutup :

Memberi tugas tata nama senyawa hidro karbon

Pertemuan 6 .

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Mengoreksi tugas siswa .

Inti :

Penjelasan proses pembentukan minyak bumi

Penjelasan komponen utama minyakbumi

Penjelasan teknik pemisahan minyak bumi

Penutup :

Memberi tugas supaya siswa membuat gambar bagan penyulingan minyak bumi

Pertemuan 7

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Mengoreksi tugas siswa .

Inti :

Penjelasan kualitas bensin

Penjelasan arti bilangan oktan dan cara perhitungan bilangan oktan

Latihan soal cara menentukan kualitas bensin

Penutup :

Memberi tugas supaya siswa membedakan bensin premium, pertamax , bensin super

Pertemuan 8

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran

Mengabsen siswa.

Mengoreksi tugas siswa .

Inti :

Latihan soal : Alkana, alkena,alkuna, isomes, tatanama, minyak bumi.

Siswa mengerjakan di buku secara berkelompok 4 siswa untuk selanjutnya jawaban dikerjakan di papan tulis dan dibahas bersama

Penutup :

Mengumumkan kepada siswa minggu depan ulangan senyawa hidro karbon

Pertemuan 9

Pendahuluan :

Mengucapkan salam dan mengatur tempat duduk siswa mengkondisikan siswa untuk siap ulangan

Mengabsen siswa.

Inti

Ulangan harian senyawa hidro karbon

Penutup

hasil pekerjaan siswa dikumpulkan

F . Penilaian :

Soal Ulangan harian :

1. Dari rumus struktur berikut ini tentukan atom C primer, sekunder, tersier dan kwartener

C9 C10

1 2 3 ‪│4 5 6 │7 8

C – C – C – C – C – C – C – C

‪│ ‪│ ‪│

C C C

11 12 13

2. Tuliskan rumus Umum dari : Alkana , Alkena , Alkuna

3. Tuliskan isomer dari : a. heksana b. heksena c. heksuna

4. Tuliskan rumus struktur dari :

a. 2.2 di metil heptana

b. 2 metil 1 pentena

c. 3 metil 1 heksuna

5. Berilah nama dari rumus berikut ini :

a. CH2 – CH(CH3) – C(CH3)2 – CH2 – CH3

b. CH2 ═ CH – CH(CH3) – CH3

c. CH3 – C Ξ C – CH – CH3

‪│

CH3

6. Sebutkan fraksi fraksi dari minyak bumi.

7. Berdasarkan apakah pemisahan fraksi minyak bumi

8. Bagaimana cara menentukan kualitas bensin

9. Jelaskan artinya bensin mempunyai bilangan oktan 85

10.Apakah perbedaan bensin premium dan pertamax ditinjau dari bilangan oktan.



Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: